Langsung ke konten utama

contoh Teks Drama 3 orang

Judul : “Pengorbanan Cinta”

Pelaku :
1. Nazril , watak : tulus, rela, rela berkorban
2. Zizhi , watak : sabar, egois
3. Tante Eva , watak : penuh kasih saying, perduli

Latar :
Tempat : 1. Ruang Tamu
              2. Rumah Sakit
Waktu : Sepanjang Hari
Suasana : - Mengharukan
               - Menegangkan


PENGORBANAN CINTA
Peristiwa lima belas tahun silam , menyisakan ribuan pedih dihati zizhi. Tabrakan yang menewaskan ayah , ibu serta kakaknya itu masih terlihat jelas dibayangnya. Apalagi dia harus mengalami kebutaan.
Zizhi     : “tante, aku merindukan ayah ibu dan kak Ratna”.
T. Eva  : (Mengelus rambut zizhi) kamu yang sabar saying…ayah, ibu serta kakakmu sudah tenang dialamnya.
Zizhi     : kenapa mereka harus pergi tante?
T. Eva  : kamu tidak boleh bicara seperti itu , ini semua sudah menjadi takdir
Zizhi     : tapi tante, ini semua tidak adil..!
                                    ®  MUSIK  ¬
Terdengar suara ketokan pintu dari pintu depan,
T. Eva  : saya lihat dulu siapa yang datang.
Zizhi     : iya tante..!
                        (Tante Eva, menuju ruang depan, tidak lama kemudian ia memanggil zizhi)
T. Eva  : Zhi…ada tamu mencari kamu…!
Zizhi     : iya, tante sebentar..!
                        (suara zizhi dari kejauhan, kemudian menuju ruang tamu)
Nazril   : Hai zhi, apa kabar?
Zizhi     : aku baik-baik saja, kok lama ga kesini? Sibuk kuliah ya..? silahkan duduk.
Nazril   : (duduk) maaf zhi, akhir-akhir ini aku memang sibuk dengan kuliahku, kamu nggak marah kan..?
Zizhi     : (tersenyum) iya, nggak apa-apa, bagaimana kabar keluarga kamu?
Nazril   : semua baik zhi, mereka menanyakan kapan kita segera menikah
Zizhi     : (terdiam) Tapi…
Nazril   : Zhi…maukah kamu menikah dengan ku ?
Zizhi     : (tersenyum) iya Zril, aku mau menikah dengan mu, tapi…
Nazril   : Tapi apa ?
Zizhi     : aku mau menikah dengan mu tapi setelah aku dapat melihat, aku ingin melihat wajah kamu sebelum kita menikah.
Nazril   : (tersenyum) baiklah zhi..,aku akan menunggumu sampai kamu benar-benar siap !
                        ®  MUSIK SEDIKIT ¬
Nazril   : ya sudah zhi, sudah malam, saya pulang dulu , jaga diri baik-baik ya…
Zizhi     : iya zril..kamu hati-hati…
            Nazril meninggalkan zizhi, melangkah beberapa langkah kemudian berbalik kearahb zizhi yang masih berdiri didepan pintu.
Nazril   : Zhi…aku mencintai kamu , dengan apa adanya. Aku menerima kamu walau kamu tidak
  bisa melihat.

Zizhi hanya tersenyum mendengar ucapan tulus dari kekasihnya.

            Keesokan harinya tante Eva member kabar gembira buat zizhi, ada donor mata buatnya, dan operasi akan segera dilaksanakan. Betapa senangnya zizhi mendengarnya. Ia pun segera member tau nazril mendengarnya.
Zizhi     : zhil…ada donor mata buat aku, aku akan segera dapat melihat…dan kita akan segera
  menikah.
Nazril   : aku sangat bahagia zhi…
Zizhi     : apa lagi aku zril..aku sangat bahagia, karena kita akan segera menikah…
            Beberapa hari kemudian, operasi dilaksanakan dan zizhi dapat melihat lagi. Nazril menemui zizhi di rumah sakit. Alangkah terkejutnya zizhi melihat kakesihnya juga buta.
Nazril   : zhi…maukah kamu menikah dengan ku?
Zizhi     : tidak, aku tidak mau menikah dengan mu…
Nazril   : bukan kah kamu sudah berjanji akan menikah dengan ku setelah kamu dapat melihat?
Zizhi     : tidak…tidak mungkin aku menikah dengan mu..
Nazril   : mengapa…?
Zizhi     : karena kamu buta..!
Nazril   : bukankah aku telah menerima kamu dan mencintai kamu walau kamu buta..?
Zizhi     : tidak…aku tidak mau menikah dengan mu (menangis)
Nazril   : (tersenyum)
®  MUSIK  ¬
            Nazril berjalan meninggalkan zizhi dengan tersenyum…
Kemudian berkata “ JAGA MATAKU BAIK-BAIK YA ZHI…!
®  MUSIK  ¬
Sejak kepergian nazril , zizhi baru menyadari tentang menghargai cinta yang sebenarnya. Dan zizhi mulai menyadari semua kesalahannya. Tapi nazril tidak mungkin kembali. Dia rela mengorbankan matanya untuk orang yang sangat dicintainya.
Berapa bulan kemudian, hadir sosok ilham dihati dan hari-hari zizhi. Ilham menjadi pengganti nazril yang telah pergi meninggalkannya.
Ilham    : zhi…aku mencintaimu. Maukah kamu menikah dengan ku..?
Zizhi     : aku belum siap ham
Ilmah    : mengapa ? kita sudah  menjalin hubungan selama 2 tahun zhi…bukankah waktu 2 tahun bukan waktu yang singkat untuk mengenal pribadi masing-masing?
Zizhi     : iya ham kamu benar, tapi…?
Ilmah    : kamu belum bisa melupakan masa lalu kamu?
Zizhi     : (terdiam)
Ilham    : aku akan menunggu kamu sampai kamu dapat melupakan masa lalu mu
Zizhi berfikir sejenak kemudian berkata
Zizhi     : iya ham, aku mau menikah dengan mu, nazril sudah pergi dan tidak mungkin dia
  kembali
Ilham    : (tersenyum)

Hari pernikahan zizhi pun tiba. Di pertengahan acara tiba-tiba ilham jatuh pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Penyakit kanker yang dideritanya kambuh.
Ilham    : zhi aku tau kamu masih sangat mencintai nazril, dan aku ingin setelah aku pergi nanti
  kamu akan kembali padanya.
Zizhi     : ham, apa maksut kamu ? (menangis)
Ilham    : kamu tidak tahu zhi, bahwa nazril adalah sahabatku sejak kecil, dia menceritakan
  semua tentang kamu dan kisahkamu bersamanya, sampai kepergiannya.
Zizhi     : lalu…?
Ilham    : lalu, dia menyuruhku untuk mendekati kamu dan menjaga mu. Tidak aku sangka
  alupun menyukai kamu, nazril pun rela kalau aku menikah dengan mu karena yang
  diharapkannya hanyalah kebahagiaan kamu. Maafkan aku zhi..aku tidak jujur padamu
  sejak awal..
Zizhi     : tidak mungkin (menangis)
Ilham    : aku tahu zhi, mata yang sekarang kamu pakai adalah mata nazril dan sekarang nazril
  tidak dapat melihat, maka dari itu setelah aku pergi nanti, aku ingin mataku ini dipakai
  oleh nazril, meskipun aku telah tiada, aku masih dapat melihat kamu dengan mata yang
  dipakai nazril zhi…
Zizhi     : kamu tidak boleh pergi..! aku mencintaimu ham..
Ilham    : kau salah zhi, kamu tidak pernah mencintai ku, karena cinta kamu hanya untuk nazril
Zizhi     : bukan nazril telah tiada, dia telah meninggalkan ku.
Ilham    : dia tidak pernah meninggalkan mu.
(nazril datang mendekati zizhi yang berdiri disamping pembaringan ilham dengan tetesan air mata)
Nazril   : sahabatku…akankah kamu meninggalkan kami?
Ilham    : aku harus pergi, cukup sampai disini aku menjaga zizhi, maafkan aku sahabat, sekarang
  tugas mu. Kembali untuk menjaga cintamu.

                                    (menyatukan tangan zizhi dan nazril)
Nazril   : jangan tinggalkan kami
Zizhi     : aku mohon jangan pergi
Ilham    : (tersenyum) selamat tinggal, bahagialah selalu dan jangan melupakan aku..! (menutup
  mata)
Zizhi dan Nazril hanya dapat meneteskan air mata mengiringi kepergian ilham. Mata Ilmah didonorkan kepada Nazril seperti apa yang ia inginkan. Kemudian bersatulah Zizhi dan Nazril dalam sebuah pernikahan. Dan mereka yakin di alamnya sana ilham pun sangat bahagia seperti apa yang mereka rasakan.



~SELESAI ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGATASI "Kontrol disembunyikan. Tekan untuk menampilkannya" di GOOGLE DOKUMEN

Oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang mengatasi masalah tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut : - Pertama tekan tombol "F11" pada keyboard - Kedua tekan tombol "ESC" pada keyboard - Ketiga untuk keluar full screen mode tekan tombol "F11" pada keyboard Semoga berhasil dan terima kasih sudah berkunjung

contoh Karya Tulis Ilmiah "BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA"

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Narkoba (Narkotika dan Obat-obatan yang mengandung zat adiktif/berbahaya dan terlarang) belakangan ini amat populer di kalangan remaja dan generasi muda bangsa Indonesia, sebab penyalahgunaan narkoba  ini telah merebak ke semua lingkungan, bukan hanya di kalangan anak-anak nakal dan preman tetapi telah memasuki lingkungan kampus dan lingkungan terhormat lainnya. Narkoba saat ini banyak kita jumpai di kalangan remaja dan generasi muda dalam bentuk kapsul, tablet dan  tepung seperti ekstasy, pil koplo dan shabu-shabu, bahkan dalam bentuk yang amat sederhana seperti daun ganja yang dijual dalam amplop-amplop. Saat ini para orang tua, mulai dari ulama, guru/dosen, pejabat, penegak hukum dan bahkan semua kalangan telah  resah terhadap narkoba ini, sebab  generasi muda masa depan bangsa  telah banyak terlibat di dalamnya. Akibat leluasannya penjualan narkoba  ini, secara umum mengakibatkan timbulnya gangguan mental organik dan per

RAGAM GERAK TARI TURONGGO YAKSO (Kesenian Trenggalek)

Kareografi Tari turonggo yakso bersifat bebas, gerakan tarinya bersifat dinamis dan energik, mengikuti iringan gamelan yang mengiringinya. Gerakan tari turonggo yakso berpusat pada gerakan kaki, gerakan tubuh dan gerakan tangan.  Gerak-gerak tersebut antara lain sembahan, liyepan, teposan, pethukan. lejitan, bapangan, oyogan, kacolan kasatrian,untu walang, kiprah sampur congklangan dan mincek-mincek.Secara keseluruhan Tari Turonggo Yakso ini menggunakan gending seperti yang digunakan pada salah satu kesenian khas Trenggalek yaitu Tiban. Dan para penari tersebut menari dengan urut-urutan gerak antara lain :                                                                  Sembahan,  para penari menuju arena berputar membentuk lingkaran lalu membentuk baris berbanjar kemudian posisi jengkeng (jongkok kaki kiri menyentuh tanah, tangan kanan ditekuk di depan dada), posisi kepala menunduk lalu ngugel memutar memberi salam hormat sambil memegang cambuk/pecut, lalu berdiri melangkah m